Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Burung Kenari Berikut Asal Usulnya

 Burung Kenari Peliharaan Menawan dengan Keunikan yang Menarik

https://o-cdn-cas.sirclocdn.com/parenting/images/burung-kenari.width-800.format-webp.webp

Burung Kenari (Serinus canaria) telah menjadi salah satu jenis burung peliharaan yang paling populer di dunia. Dikenal dengan suaranya yang merdu dan warna bulu yang mencolok, burung kenari telah menarik minat para pecinta burung di berbagai belahan dunia. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang burung kenari, mulai dari sejarah, karakteristik, perawatan, hingga manfaat dari memelihara burung kenari.

Sejarah Burung Kenari

Burung kenari pertama kali ditemukan di Kepulauan Canary, yang terletak di pesisir barat Afrika. Burung ini telah diketahui ada sejak zaman kuno, dan diperkirakan telah dijinakkan sejak abad ke-15. Burung kenari kemudian diperkenalkan ke Eropa oleh para penjelajah Spanyol pada abad ke-17, dan sejak itu burung ini telah menjadi favorit di kalangan pecinta burung.

Karakteristik Burung Kenari

Burung kenari memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 13 hingga 15 cm. Mereka memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta cakar yang kokoh untuk memanjat dan bertahan pada permukaan yang licin. Salah satu daya tarik utama burung kenari adalah warna bulunya yang beragam, termasuk kuning, merah, oranye, putih, dan hijau. Ada juga variasi jenis bulu kenari, seperti kenari fife fancy, yorkshire, dan border fancy.

Suara Kenari yang Merdu

Salah satu fitur paling menarik dari burung kenari adalah suara mereka yang merdu. Burung jantan cenderung memiliki suara yang lebih keras dan berkicau dengan variasi melodi yang kaya, sedangkan burung betina memiliki suara yang lebih lembut. Melodi kenari dapat disesuaikan dengan pelatihan dan pengaruh lingkungan sekitar, yang membuat burung ini menjadi burung peliharaan yang ideal bagi mereka yang menyukai bunyi alam.

Perawatan Burung Kenari

Perawatan yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung kenari. Berikut adalah beberapa tips perawatan dasar yang perlu diperhatikan:

1. Kandang yang Sesuai : Berikan kandang yang cukup besar untuk burung kenari, dengan ruang yang memadai untuk terbang. Pastikan juga kandang memiliki tiang untuk mereka memanjat dan bersarang.

2. Nutrisi yang Seimbang : Berikan makanan yang berkualitas tinggi, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran segar, dan suplemen vitamin yang diperlukan. Pastikan juga ada akses air segar yang tersedia setiap saat.

3. Kebersihan Kandang : Bersihkan kandang secara teratur dengan mengganti pasir atau serbuk kayu yang digunakan sebagai alas kandang. Juga bersihkan wadah makanan dan minuman secara teratur.

4. Mandi dan Perawatan Bulu : Berikan burung kenari kesempatan untuk mandi dengan menyediakan wadah air yang dangkal di kandang. Ini akan membantu menjaga kebersihan bulu dan menghilangkan kotoran yang menempel.

5. Interaksi dan Latihan : Kenari adalah burung sosial, jadi beri waktu untuk berinteraksi dengan mereka setiap hari. Selain itu, latih mereka untuk mengerjakan trik sederhana atau melatih keterampilan vokal mereka.

Manfaat Memelihara Burung Kenari

Selain keindahan dan keunikan yang dimilikinya, memelihara burung kenari juga memberikan manfaat bagi pemiliknya. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Menghilangkan Stres : Mendengarkan kicauan burung kenari dapat memberikan efek relaksasi dan menghilangkan stres. Suara merdu mereka dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan di lingkungan sekitar.

2. Kehidupan Sosial : Memelihara burung kenari dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan membantu memperluas lingkaran sosial. Anda dapat bergabung dengan klub burung kenari atau mengikuti pameran burung untuk bertemu dengan pecinta burung lainnya.

3. Pembelajaran dan Edukasi : Memelihara burung kenari juga dapat menjadi alat pembelajaran yang bermanfaat, terutama bagi anak-anak. Mereka dapat belajar tentang siklus hidup, perawatan hewan, dan bertanggung jawab atas makhluk hidup lainnya.

4. Penghibur dan Teman : Burung kenari dapat menjadi teman yang baik dan penghibur di rumah. Mereka memiliki kepribadian yang unik dan dapat memberikan keceriaan dengan kicauan mereka.

Jenis - Jenis Burung Kenari

Ada beberapa jenis burung kenari yang memiliki perbedaan dalam karakteristik fisik, pola warna bulu, dan bentuk tubuh. Berikut adalah beberapa macam-macam jenis burung kenari di dunia:

1. Burung Kenari Yorkshire : Burung kenari Yorkshire memiliki tubuh yang panjang dan ramping dengan bulu yang panjang dan lembut. Mereka dikenal dengan postur yang elegan dan moncong yang panjang. Bulu mereka umumnya berwarna putih murni dan memiliki ekor yang panjang dan mengembang. Yorkshire sering menjadi favorit dalam pameran burung karena keindahan dan keanggunannya.

https://images.tokopedia.net/img/cache/700/VqbcmM/2021/3/6/7326536f-4db6-4fb8-a21d-e71967ce8d70.jpg

2. Burung Kenari Border Fancy : Burung kenari Border Fancy juga dikenal sebagai burung kenari "gloster" atau "crested". Mereka memiliki kepala bulat dengan bulu di sekitar paruh yang terangkat, menciptakan kesan mahkota. Mereka juga memiliki bulu ekor yang panjang dan bervariasi warna dan pola. Border Fancy dapat memiliki berbagai warna bulu, termasuk kuning, hijau, merah, dan oranye.

https://i.pinimg.com/originals/aa/10/05/aa10058e95c2d016e7e454ce07906959.jpg

3. Burung Kenari Fife Fancy : Burung kenari Fife Fancy adalah jenis kenari yang relatif kecil dengan postur yang padat dan tegap. Mereka memiliki bulu yang pendek dan halus dengan variasi warna yang luas, termasuk kuning, merah, hijau, dan putih. Fife Fancy terkenal dengan kepala bundar dan bulu ekor yang pendek.

https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2022/08/10/330888806.jpg

4. Burung Kenari Spanish Timbrado : Burung kenari Spanish Timbrado berasal dari Spanyol dan terkenal dengan suara yang indah dan kompleks. Mereka memiliki postur tubuh yang tegap dan kepala yang proporsional dengan paruh yang kuat. Bulu mereka umumnya berwarna kuning dengan corak yang khas di kepala dan sayap. Spanish Timbrado sangat populer sebagai burung kenari pengicau dan sering digunakan dalam kompetisi menyanyi burung.

https://www.jalaksuren.net/wp-content/uploads/2018/04/Mengetahui-Ciri-Ciri-Kenari-Spanish-Timbrado-Terlengkap.jpg

5. Burung Kenari Gloster Consort : Burung kenari Gloster Consort adalah varietas burung kenari dengan ukuran tubuh yang kecil dan bulu yang lebat. Mereka memiliki kepala bundar dan paruh pendek dengan ekspresi yang lucu. Gloster Consort dapat memiliki warna bulu yang beragam, termasuk kuning, merah, hijau, dan oranye. Mereka dikenal dengan keceriaan dan kesederhanaan penampilan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2s6ZFuwARYHeGSNN29I4dIcS3Q6hX9N5tPgwKmLiFsqJiJGDo5zH-RGmDL2Bp7KdCpiv_WpdpqS6aTSoZdFswKAztSZJHVvOwTqCUu5mBIGwoAKWf-4B55eXcmNzBj44xTA2fbOCFlLA/s1600/2689238843_eb83c255e3_z.jpg

6. Burung Kenari Norwich : Burung kenari Norwich memiliki bentuk tubuh yang kompak dan postur yang kuat. Mereka memiliki kepala bulat dengan mata besar dan bulu di sekitar paruh yang terangkat. Norwich dapat memiliki berbagai variasi warna bulu, termasuk kuning, merah, hijau, dan putih.

https://i0.wp.com/babab.net/img/ciri-ciri-kenari-norwich-gambar-harga-dan-keunggulan-10pq7.jpg

Itulah beberapa macam-macam jenis burung kenari yang ada di dunia. Setiap jenis burung kenari memiliki keunikan dan keindahannya sendiri, dan dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dipelihara.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Burung Kenari Berikut Asal Usulnya"