Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khutbah Sholat Jumat tentang Hewan Qurban Juni Tahun 2023



Khutbah Sholat Jumat tentang Hewan Qurban

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya yang setia menempuh jalan-Nya.

Amma ba'du,

Saudara-saudariku yang dirahmati oleh Allah,

Hari ini, dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala, kita akan berbicara tentang salah satu ibadah yang sangat istimewa dalam agama Islam, yaitu ibadah qurban. Ibadah qurban merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak hikmah dan keutamaan, serta mengandung pesan-pesan mendalam yang sangat berarti bagi kita sebagai umat Muslim.

Dalam ibadah qurban, kita diperintahkan untuk menyembelih hewan tertentu yang halal sebagai tanda ketaatan dan pengabdian kita kepada Allah SWT. Hewan-hewan qurban ini adalah simbol dari kesungguhan dan keikhlasan kita dalam beribadah kepada-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Surat Al-Haj ayat 37:

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ



Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

Dalam ayat ini, Allah menunjukkan bahwa hewan-hewan qurban yang disembelih dengan niat yang tulus dan ikhlas adalah sarana untuk membersihkan hati dan memperoleh keridhaan-Nya. Dalam setiap goresan pisau yang mengambil nyawa hewan qurban, kita seharusnya merasakan pentingnya pengorbanan dan keikhlasan dalam mencapai keberkahan hidup.

Allah juga berfirman dalam Surat Al-An'am ayat 162:

قُلْ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Qul inna ṣalātī wa nusukī wa maḥyāya wa mamātī lillāhi rabbil-'ālamīn

Artinya: Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Dalam ayat ini, Allah mengajarkan kepada kita bahwa setiap amal ibadah yang kita lakukan, termasuk ibadah qurban, haruslah dilandasi dengan niat yang tulus dan semata-mata untuk mencari keridhaan-Nya. Ibadah qurban adalah bukti kesetiaan kita kepada Allah dan bukti bahwa segala yang kita miliki, termasuk hewan-hewan qurban tersebut, adalah anugerah dari-Nya yang seharusnya kita persembahkan kembali.

Selain itu, ibadah qurban juga mengajarkan kepada kita tentang sikap saling berbagi dan peduli terhadap sesama. Hewan-hewan qurban yang disembelih akan dibagikan kepada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Surat Al-Haj ayat 28:

Surat Al-Hajj Ayat 28

لِّيَشْهَدُوا۟ مَنَٰفِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعْلُومَٰتٍ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلْأَنْعَٰمِ ۖ فَكُلُوا۟ مِنْهَا وَأَطْعِمُوا۟ ٱلْبَآئِسَ ٱلْفَقِيرَ

Arab-Latin: Liyasy-hadụ manāfi'a lahum wa yażkurusmallāhi fī ayyāmim ma'lụmātin 'alā mā razaqahum mim bahīmatil-an'ām, fa kulụ min-hā wa aṭ'imul-bā`isal-faqīr

Artinya: Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.

Dalam ayat ini, Allah mengingatkan kita untuk berbagi dengan sesama, terutama kepada mereka yang kurang beruntung. Ibadah qurban bukan hanya tentang mengorbankan hewan, tetapi juga tentang mengorbankan sebagian rezeki kita untuk kepentingan orang lain. Dengan berbagi kepada sesama, kita dapat merasakan kebahagiaan yang hakiki dan meningkatkan ikatan sosial dalam masyarakat.

Saudara-saudaraku yang dirahmati oleh Allah,

Ibadah qurban adalah ajakan untuk merenungkan makna dari pengorbanan, keikhlasan, dan sikap peduli terhadap sesama. Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha yang sebentar lagi tiba, marilah kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dengan melaksanakan ibadah qurban dengan niat yang ikhlas, mengikuti sunnah Nabi Ibrahim AS yang telah memberikan contoh teladan dalam taat kepada Allah.

Marilah kita manfaatkan ibadah qurban sebagai momentum untuk meningkatkan solidaritas dan kepedulian kita kepada sesama, khususnya kepada fakir miskin dan yang membutuhkan. Janganlah kita lupa bahwa rezeki yang kita terima adalah amanah dari Allah, dan dengan berbagi, kita juga dapat membantu mereka yang kurang beruntung.

Akhir kata, marilah kita memperbanyak amalan ibadah dan menjaga kebersihan hati kita dari segala macam penyakit hati. Semoga Allah menerima qurban kita dengan ikhlas dan memberikan kita keberkahan serta kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Post a Comment for "Khutbah Sholat Jumat tentang Hewan Qurban Juni Tahun 2023"